Friday, December 9, 2016

Menjelajahi Wisata Alam G9 (Gandok Songo) Jember, Wahana petualangan yang menantang !



      

Gandok adalah sebutan untuk bangunan yang digunakan sebagai tempat berkumpul oleh masyarakat desa. Nama wisata alam “Gandok Songo” atau yang sering disebut dengan G9 diambil dari nomor urut gandok yang merupakan nomor sembilan. Sembilan dalam istilah jawa disebut songo. Wisata alam yang didesain untuk meningkatkan pemanfaatan fungsi alam, menambah area hijau, dan melibatkan masyarakat untuk pembangunan daerah inidisambut dengan antusias oleh warga desa Curahnongko yang dibuktikan dengan keaktivan meraka dalam berkontribusi me-makeup dan mempercantik area G9.
                Wisata alam G9 Terletak di desa Curahnongko, kecamatan Tempurejo. Rute perjalanan menuju lokasi wisata alam G9 jika dari kota jember bisa melewati desa Tegal Besar => Desa mumbul Sari => Desa Tempurejo  => Padang Golf Glantangan =>  Kali Sanen => Curahnongko => G9. Jika perjalanan dimulai dari Surabaya bisa menempuh rute Surabaya => Pasuruan => Probolonggo => Lumajang => Terminal Tawangalun Jember => Desa Ajung => Desa Jenggawah => Tempurejo => Padang Glantangn => Kalisanen => Curahnongko => G9. Memerlukan waktu sekitar 1 jam menuju wisata alam Pantai Payangan, 2 Jam menuju Pantai Paseban, 3 Jam menuju wisata alam Kawah Ijen     , 2,5 jam menuju wisata alam SJ 88 JemberJember.

                Pengelolaan wisataalam G9 dilakukan dengan swadaya masyarakat. Masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani bergotongroyong menata lokasi wisata; membangun Gandok, membuat gubug bagi pengunjung, menyiapkan area untuk pendirian tenda bagi pengunjung, membuka jalan menuju tempat-tempat wisata, membabat tetumbuhan liar sepanjang perjalanan, membangun rute trail, dan sekaligus menjadi pemandu wisata.
                Perjalanan menuju G9 penuh keindahan. Mata betul-betul dimanjakan dengan kawasan hijau yang luas membentang. Hidung dan paru-paru menikmati sejuk oksigen disepanjang perjalanan, jauh dari polusi udara yang menyesakkan dada. Perkebunan karet yang dilalui selama perjalanan memproduksi oksigen dengan maksimal. Bebungaan di kanan dan kiri jalan tumbuh dengan subur, tertata rapi, seakan membentuk parade selamat datang kepada para musyafir yang hendak menuju G9 dengan niat membaur dengan alam. Belumlagi ketika sudah sampai di desa Curahnongko nanti, keramahan penduduk setempat membuat malas beranjak kaki.
                Memutuskan untuk berwisata di G9 yang berada di kawasan hutan lindung meru betiri ini berarti memutuskan untuk beradventure dan berpetualang, harus menyiapkan fisik yang prima, perbekalan yang maksimal dan mental pemenang yang siap untuk menaklukkan setiap medan. 


       Medan bukit kandang wedhus (sebelah timur gandok)
Sedikit catatan, konon katanya kawasan wisata G9 merupakan buah dari land reform, reformasi tanah pasca reformasi. Konon tanah yang merupakan milik rakyat ini pernah diklaim menjadi milik negara dan dijadikan kawasan perkebunan. Masyarakat yang sudah lama tinggal diusir dari tanah miliknya sendiri. Mereka yang tidak mau berpindah kemudian diusir secara paksa dengan menggunakan tuduhan klasik, antek PKI. Bukit kandang wedus dijadikan tempat masyarakat menyelamatkan diri, hasil bumi, hewan ternak dan beragam hartakekayaan.
Dari bukit kandang wedus sunrise yang indah bisa terlihat dengan jelas. Sepanjang perjalanan akan melalui beraneka tanaman penduduk, tumbuhan TJ, kebun pisang beraneka jenis, kebun pepaya, dll. Membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari gandok untuk tracking menuju puncak bukit kandang wedhus


        Medan bukit kapur (Sebelah barat Gandok)
Membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk tracking bukit kapur. Melewati perkebunan karet, pepohonan mangga, jambu mente (jambu monyet), TJ, singkong, dll. Track yang landai penuh dengan hijau-hijauan dilalui sekitar 1 jam. bukit kapur perposisi lebih tinggi jika dibandingkan bukit kandang wedhus yang jauh di sebelah timur. Dari puncak bukit ini pengunjung bisa menikmati hamparan alam menghijau jauh di bawah sana. Ke depannya di puncak G9 akan dipasang rumah-rumah pohon sebagai tempat peristirahatan, tentunya sambil menikmati pesona alam yang menawan.

Selayang pandang wasataalam G9

         Goa
Hanya berjalan sekitar 30 menit dari bukit kapur ada sebuah goa dengan mulut menghadap alam luas. Tracking menuju goa harus dengan membelah ilalang tinggi nan subur seperti di bukit beceran. Di goa ini sangat cocok untuk tempat menyepi, menyusun rencana masa depan, juga mendekatkan diri pada Tuhan.
·         Medan bukit beceran
Disebut dengan bukit baceran karena bukit ini mempunyai kandungan air tanah yang sangat tinggi, sehingga selalu “becer” (bahasa madura) atau becek. Perjalanan tracking dari Gandok menuju ke bukit beceran sekitar  2-3 jam.  Tracking di bukit beceran bisa dibilang sangat berat, apalagi pada musim hujan. Jananan yang naik turun membuat stamina lekas terkuras. 

        Medan bukit marsela
Bukit marsela berposisi di sebelah utara gandok utama G9. Tracking menuju pundak bukit marsela membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari gandok. Dengan rute jalan setapak yang terus menanjak hingga ke dataran landai di puncak bukit. Hamparan persawahan dengan udara bersih masih bisa dirasakan di sini. Pemandangan hijau yang menyejukkan mata.
·         Gass track, trail track.
Tidak hanya wisata alam dengan tema hiking saja yang mantap untuk dijelajahi. Jenis tanah yang liat dan merah, kondisi alam yang bergelombang, dan luas area yang mencapai 29 hektare dimaksimalkan sebagai kawasan adventure ideal masa depan. Minat masyarakat yang tinggi terhadap olahraga offroad didukung oleh masyarakat dengan membuat track balap yang  menantang di kawasan wisata alam g9.

        Flaying fox
Olahraga pemicu adrenalin yang lainnya adalah flaying fox. Flaying fox akan menarik, menantang, dan seru bila diimbangi dengan lokasi yang ideal. Posisi gandok utama G9 yang berada di dataran tinggi menjadi dayatarik tersendiri bagi olahraga pemicu adrenalin yang satu ini. 

       Outbound
Kegiatan outboung yang lansung menyatu dengan alam akan dipandu oleh para pemandu yang sudah ahli di bidangnya.

         Paket wisata jarak panjang
Paket wisata di kawasan G9 kedepannya akan bekerjasama dengan pariwista yang ada di sekitar G9. Para pengunjung bisa menikmati paket jarak pamjang dengan rute perjalanan dari gandok utama G9 menuju ke pantai bande alit, dari G9 menuju ke pantai cangak atau rowo cangak, dari G9 ke pantai nanggelan, dan dari g9 menuju ke pantai payangan/pantai teluk love.
Ayo segera berkunjung, cintai alam kita.

Untuk informasi lebih, follow Instagram:

Catatan:
*Untuk petualangan flying fox, Offroad, dan paket wisata jarak panjang baru diwacanakan , mudah-mudahan bisa segera dinikmati beberapa waktu mendatang.

dokumentasi photo:

1. Rencana pengembangan wisata alam g9 yang menghubungkan dengan 4 wisata alam di sekitarnya
Transportasi menuju 4 tempat wisata lainnya dengan menggunakan kuda dan mobil offroad

2. Rute menuju wisata alam G9


3. Singkong goreng nikmat di kebun Wak Bonari
 

4. Jembatan eksotis di track G9 

5. Menjajal kekuatan kaki
 


 




A photo posted by Amir El Huda (@bangamir685) on
6. Bukit Kapur
 
7. Menunggu Detik-detik Sunset dari Gandok G9




8. Alam rayaku


EmoticonEmoticon

Info Amirenesia