Tuesday, May 5, 2015

TIPS MENGURUS KARTU TANDA MAHASISWA (KTM) YANG HILANG DAN MEMBUAT KTM UNIVERSITAS JEMBER

Tags

Kartu tanda Mahasiswa (KTM) adalah kartu pengenal yang menunjukkan bahwasanya seseorang betul-betul merupakan mahasiswa resmi dan sah dari sebuah universitas. Keberadaan KTM ini sangat penting dalam kehidupan mahasiswa yang berkaitan dengan aktivitas perkuliahan. Bagi mahasiswa Universitas Jember
khususnya angkatan 2013, KTM berintegrasi langsung dengan kartu keanggotaan bank BRI. KTM yang berintegrasi seperti ini tidak hanya berfungsi sebagai tanda pengenal dan identitas mahasiswa ataupun sekedar untuk peminjaman buku di perpustaan sebagaimana KTM yang dimiliki oleh angkatan yang lainnya, akan tetapi memiliki fungsi lain sebagai kartu ATM BRI.
Berikut ini kami sajikan beberapa tips untuk sahabat mahasiswa yang kehilangan  KTM ataupun memang yang belum membuat KTM dari awal bagi semua angkatan di Unv. Jember. Bagi sahabat yang kehilangan KTM dan ingin membuatnya lagi berikut ini adalah langkah yang bisa dilakukan:
1.       Melapor ke bagian perpustakaan bahwa telah terjadi kehilangan KTM dan meminta pemblokiran nomor ID keanggotaan perpustakaan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan kartu oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, misalnya kartu tersebut digunakan untuk meminjam buku di perpustakaan dan ternyata tidak dikembalikan. Apabila hal ini terjadi, maka yang bertanggungjawab adalah pemilik karti yang sebenarnya.
2.       Melaporkan peristiwa kehilangan tersebut ke-POLSEK Sumbersari, mengingat Unv.Jember berada di wilayah kerja POLSEK Sumbersari dan memohon untuk dibuatkan surat kehilangan. Perlu diketahui bahwa untuk pengurusan surat-menyurat di POLSEK ataupun POLRES tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis, kita hilangkan perlahan budaya suap dan korup.
3.       Meminta surat ke bagian kemahasiswaan fakultas yang isinya pemberitahuan bahwa anda benar-benar mahasiswa fakultas tertentu di Universitas Jember.
4.       Memohon penerbitan KTM yang baru ke BAAK Universitas Jember bagi selain angkatan 2013.
5.       Khusus untuk angkatan 2013, pembuatan KTM langsung di Kantor BRI cabang Jember yang berlokasi di Timur alun-alun Jember.
6.       Biaya pembuatan Rp 10.000,- . Tarif ini yang berlaku di bulan April 2015 ketika penulis melakukan pengurusan pembuatan KTM+ATM yang hilang.
Bagi sahabat yang belum pernah membut KTM ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan:
1.     Meminta surat ke- bagian kemahasiswaan fakultas yang isinya pemberitahuan bahwa anda benar-benar mahasiswa  fakultas tertentu di Universitas Jember.
2.     Memohon penerbitan KTM ke bagian BAAK Unv. Jember untuk selain angkatan  2013.
3.     Memohon penerbitan kartu sekaligus pembuatan akun keanggotaan bank BRI bagi angkatan  2013.
4.     Biaya pembuatan KTM+ATM+kartu keanggotaan sekitar Rp 50.000,-. Lebih amannya bawa uang lebih.
Pada saat pembuatan KTM, kenakanlah pakaian rapi dan jas almamater Unv. Jember, selain untuk kepentingan pemotoan  (foto) yang akan di pasang di KTM, juga untuk menanamkan kecintaan dan kebanggaan kepada Unv. Jember tercinta.

Demikian, semoga bermanfaat bagi kita semua.

2 comments

permisi, mas mau tanya kalau bikin surat kehilangan tapi ndak punya fotocopy ktm gimana ya?

Kalo hilangnya diluar Jember bagaimana? Tolong bantuannya..


EmoticonEmoticon

Info Amirenesia