Friday, May 22, 2015

MENIKMATI PESONA BLUE FIRE DI KAWAH IJEN BONDOWOSO

                Kawah Ijen yang terletak di kabupaten Bondowoso dan kabupaten Banyuwangi merupakan  anugerah dari Tuhan bagi Negara Indonesia. Lokasi kawah ijen terletak sekitar 55 km dari kota Pusat kota Bondowoso. Bukan hanya keunikan kawah belerang saja yang menjadi daya tarik para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, akan tetapi juga blue fire atau api biru yang selalu menyala 24 jam tanpa hentinya memiliki pesona keindahan yang luarbiasa.
                Perjalanan dari tempat parkir kendaraan menuju kawah ijen dan blue fire berjarak sekitar 3km dengan rute berkelok dan mendaki. Perjalanan 3km ini apabila dilakukan dengan jalan santai akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Kehati-hatian dan kewaspadaan harus selalu diutamakan demi keselamatan dalam mencapai tujuan karena sebelah kanan dan sebelah kiri jalan merupakan jurang yang curam.
                Harga tiket masuk lokasi wisata kawah ijen dan blue fire pada bulan Mei 2015 seharga Rp 10.000,- sudah dengan tiket parkir kendaraan roda dua.  Perjalanan menuju kawah ijen dan blue fire biasanya dibuka mulai pukul 24 WIB dengan menyesuaikan cuaca pada saat itu. Meskipun blue fire selalu menyala 24 jam namun akan tidak terlihat ketika matahari mulai terbit. Untuk bisa menikmati blue fire, wisatawan sebaiknya sampai pada lokasi sebelum jam 04.30 WIB pagi.
                Sambil menunggu dibukanya pintu perjalanan ke kawah ijen dan blue fire para wisatawan bisa memanfaatkan waktu dengan tidur di kemah yang dibawa sendiri atau bisa menyalakan api unggun dan bakar-bakar ikan yang juga disiapkan sendiri atau bisa juga menginap di penginapan yang disediakan dilokasi parkiran dan pastinya membayar.
                Adapun beberapa peralatan yang wajib dibawa seperti: jaket tebal (cuaca dingin bisa mencapai 10 derajat celcius), slayer, sarung tangan tebal, celana longgar, minuman, makanan ringan, jam, jangan lupa sarung untuk mendirikan solat bagi yang muslim. Selamat berpetualang.


                


EmoticonEmoticon

Info Amirenesia