Wednesday, July 22, 2015

KISAH SEPENGGAL SURGA BERNAMA "KAMPUNGKU"

          Belitang 3. Tidak terlalu sulit menemukan lokasi kampng saya di Sumatera Selatan. Jika anda berada di kawasan provinsi Lampung, cari saja bus ataupun mobil travel yang melayani perjalanan ke arah Belitang. Begitupun bila anda berada di kawasan Provinsi Sumatera Selatan, segera cari Bus yang menuju Belitang.
          Dari Belitang, arahkan lagi tujuan anda ke BK 12, Desa Sukanegara, Dusun Pasirputih, dan sampailah anda ke kampung halaman saya, kampung di mana saya dilahirkan dan dibesarkan, kampung di mana saya tumbuh dan mendapatkan pendidikan, kampung yang akan saya ceritakan kepada para pembaca sekalian.
            Tidak muluk-muluk menurut saya, kalau pada artikel kali ini saya membubuhkan judul dengan grand tema surga untuk menceritakan sebuah perkampungan/dusun kecil di pedalaman pulau Sumatera.
           Ketika disebutkan surga, apa yang ada dalam pikiran anda ? Sungai berair jernih yang mempunyai mata air yang tidak ada habis-habisnya, buah-buahan ranum yang tinggal petik dan selalu siap konsumsi, wanita-wanita cantik berkulit bersih, kehidupan damai dan rukun, masyarakat yang saling bahu-membahu dan tolong menolong. Itu hanya perwakilan dari kesempurnaan yang menggambarkan surga, belum disebutkan semuanya, masih banyak lagi yang lainnya. Dan anda tidak usah heran, ketika itu semua dapat anda jumpai di kampung saya.
            Dinamika kehidupan masyarakat di kampung ini relatif stabil, tidak terlalu terpengaruh hirukpikuk kehidupan politik wong gedean. Masyarakat cenderung memilih hidup dalam kemandirian, mengandalkan tenaga dan kekuatan mereka sendiri untuk memenuhi kehidupan diri sendiri serta keluarga, dan tidak mau menggantungkan diri pada pemerintah maupun pihak yang lainnya.
          

2 comments

Ingin sekali aku kesana, ajaklah aku kesana ya Bang.
Aku ingin mancing dan membawa kailnya sendiri dari rumah dan menikmari kampungmu...

ayo bang wi.... jangan cuman mancing, mandi-mandi n berenangpun boleh.. :D


EmoticonEmoticon

Info Amirenesia